Langsung ke konten utama

Instalasi Hackintosh Snow Leopard by Hazard di Asus K40IN

Sekian lama menunggu untuk mencoba sistem operasi hasil hacking Macan Tutul Salju ini, akhirnya pada akhir Januari lalu saya berhasil memasangkannya di Asus K40IN saya. Beberapa referensi seperti blog dari mas Yuanlukito, forum InsanelyMac, OSX86 Project, Mac Inul Indonesia dan lain-lainnya sering saya baca dan pahami karena proses yang dilakukan untuk instalasi sangat berbeda dengan OS Linux maupun Windows.

Hal pertama yang diperlukan untuk menginstallnya adalah:

1. Siapkan sebuah partisi primary (minimal 10 GB)
2. Siapkan DVD Mac OS X Snow Leopard by Hazard 10.6.2 (silahkan googling untuk mencari iso-nya)
3. EmpireEFI/Pirate-X EFI (Tidak mutlak karena saya coba di Asus K40IN, DVD SL by Hazard bisa booting tanpa EFI. Info tambahan, jika menggunakan DVD Snow Leopard Retail atau bukan Hazard, disarankan menggunakan EFI)
4. Masukkan CD EmpireEFI (anda bisa mencari iso-nya di forum InsanelyMac dan dari googling)
5. Jika ada perintah memasukkan DVD Mac OS X, keluarkan CD EmpireEFI dan masukkan DVD SL
6. Perhatikan dilayar. Jika muncul boot, segera tekan F8 dan lakukan booting dengan opsi: -v cpus=1
7. Tunggu beberapa saat sampai SL terload sempurna sampai muncul pilihan Bahasa. Tekan tombol next
8. Tunggu sampai window instalasi muncul
9. Klik Utility --> Disk Utility --> Pilih partisi --> Jadikan sbg MacOSX Extended Journaled dan Erase
10. Klik next
11. Pilih Customize:

10.6.2 Combo Update
Bootloader ChameleonRC3 PC EFI 10.5
Graphics -> NVEnabler
Network -> AtherosFix
Audio -> ALC662
Laptop -> Apple ACPI Battery Manager
Laptop -> Function Flip
Laptop -> Voodoo Battery
Laptop -> Voodoo Monitor
Laptop -> Voodoo Power
Laptop -> Voodoo PS2 Trackpad
System -> Elliot Force Legacy RTC
System -> AHCI SATA Fix
System -> SMBIOS Resolver
System -> UUID
Additional Fonts
X11 User
Rosetta
Quicktime

12. Lanjutkan dengan mengklik install dan skip jika ada suruhan check disc
13. Tunggu kira-kira 20 menitan (tergantung kualitas optik)
14. Restart

Selamat! Jika langkah anda benar, anda akan sukses bertemu dengan desktop Mac OS X Snow Leopard. Jangan panik jika anda sebelumnya punya OS lain di laptop anda. Untuk Windows, biasanya Snow Leopard akan langsung mengenalinya. Tapi jika linux, perlu perhatian khusus karena tidak bisa dibaca. Untuk kasus di laptop saya, permasalahan ini bisa saya atasi dengan merecover grub dari Ubuntu dan melakukan update-grub. Dan voila!! Mac OS X Snow Leopard terdeteksi! Baik dalam mode 32 bit dan 64 bit.
Sebagai catatan, Hackintosh Snow Leopard by Hazard ini saya instal di partisi MBR yang memungkin dimudahkannya proses boot bermacam-macam OS. Agak berbeda mungkin dengan menggunakan versi Retail yg tidak bisa di install di MBR.


Solusi Untuk Sound yang Pecah

Selanjutnya adalah melakukan perbaikan terhadap kualitas suara speaker yg dihasilkan si Macan Tutul Salju ini. Keluaran sound pecah dan seperti tape rusak :P. Jangan panik! Semua ada solusinya. Anda tinggal mengcopy file AsusK50IN.kext dan HDAEnabler.kext yang sudah dimodifikasi ke directory /Extra/Extensions
File AsusK50IN.kext bisa didapat disini
File HDAEnabler.kext bisa didapat disini

Serta tambahkan file AppleHDA.kext ke direktori /System/Library/Extensions. File AppleHDA.kext bisa didapatkan disini
Serta tambahkan file DSDT.aml ke direktori root. DSDT.aml bisa didapatkan disini
Kemudian jalankan Kext Utility, dari menu Application --> Kext Utility masukkan password root. Tunggu beberapa saat, jika sudah selesai silahkan direstart. Jangan lupa berdoa :D
Ingat untuk mengextract terlebih dahulu file2 tsb menjadi ekstensi *.kext!!!


Solusi Wireless Atheros 9285

Satu yang menjadi permasalahan klasik adalah tidak dapat digunakannya wireless Atheros kita pada Mac OS X ini. Tetapi jangan patah arang terlebih dahulu. Setelah berkelana sepanjang website, akhirnya saya bisa menemukan solusi untuk mengatasi wireless ini. Solusi tersebut saya dapat setelah mengunjungi website www.kexts.com dimana diwebsite tersebut tersedia banyak driver-driver customize hasil hacking dari pakar-pakar Hackintosh. Terima kasih kepada siapapun yang mengupload kext tersebut sehingga laptop Asus K40IN saya bisa dipakai tanpa tergantung kepada kabel UTP lagi.
Solusinya simpel. Anda hanya perlu mendownload kext IO80211Family.kext darisini
Extract dan taruhlah file tersebut pada direktori /S/L/E
Jalankan kext utility dan restart. Jika anda beruntung, maka wireless sekarang bisa dipakai :D

Selamat Mencoba :D

Komentar

  1. sebelum ngejunk dilarang di blog ini..alangkah baiknya saya mengamankan bensin pertamax disini....

    hidup okok....

    BalasHapus
  2. (okok) waw.. first launching udah ada tamu

    BalasHapus
  3. ayo gan update blog mu biar bisa ngokok bareng di blog... wkwkkwkwkw...

    BalasHapus
  4. mas.. saya nyoba ngikutin petunjuk ini di asus gw.. K4OIN juga... cuman knp yah kalo pas customize nya g semua list yg mas buat di blog ini ada di list customize hazard nya?? gw pake hazard yg versi 10.6.6

    trus kalo misal ane g milih apa2 di customize nya.. langsung install dia berhasil.. cmn vga nya g di detect... smntr kalo gw cek customize seadanya yg dr list ini malah hang pas habis restart selesai install... mohon petunjuknya mas.. :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Curhatan Para Newbie

Kali ini saya akan posting 2 pertanyaan yang saya ajukan kepada mahasiswa dua jurusan Teknik Informatika dan Teknik Komputer. Berikut pertanyaannya: 1. Jelaskan kendala anda mempelajari sistem operasi Linux! 2. Mengapa GNU/Linux kalah populer daripada Mac OS X padahal sama-sama turunan UNIX? Berikut jawaban yang saya rangkum untuk pertanyaan nomer 1 (jawaban disesuaikan dengan yang ditulis): 1. Belum terbiasa dengan Linux 2. Dukungan perangkat keras dan vendor-vendor kurang baik 3. Instalasi Linux susah 4. Struktur directory dan hak akses yang membingungkan 5. Proses instalasi aplikasi yang tidak mudah 6. Update yang terlalu besar 7. Susah baca printer dijaringan berkabel (okok) 8. Bahasanya sedikit berbeda dengan bahasa inggris yang biasa digunakan (okok) 9. Susah mencari distro linux (okok) 10. Terlalu banyak berbasis text 11. Susah mengakses repository server dan mendownload software 12. Tidak ada koneksi internet (okok)(okok) 13. Mengetikkan berbagai perintah 14. Sulit menjalankan

Lupa Password MySQL?

Ini merupakan catatan saja untuk tetap bisa mengingat langkah-langkah jika suatu saat nanti, password MySQL terlupakan lagi :P Siang tadi, saya mengakses sebuah server yang dahulu saya konfigurasi untuk keperluan tugas akhir. Ketika mencoba mengakses database MySQL, saya tidak bisa masuk -___- Akhirnya setelah googling beberapa saat, saya menemukan solusinya di web cyberciti.biz :D Langkah-langkah tersebut saya terapkan saja : 1. Matikan service MySQL # service mysql stop 2. Selanjutnya, start MySQL tanpa password dengan perintah : # mysqld_safe --skip-grant-tables & 3. Masuk tanpa password : # mysql -u root 4. Selanjutnya, lakukan perintah berikut pada prompt MySQL untuk mengganti password kita : mysql > USE mysql; mysql > UPDATE user SET password=PASSWORD ("Password_yang_baru") WHERE user='root'; mysql > FLUSH privileges; mysql > \q 5. Selanjutnya restart service MySQL : # service mysql restart

Curhatan Para Newbie [ Replied ]

Postingan kali ini adalah reply dari Oom CidTux dari PCLinuxOS Indonesia mengenai curhatan Newbie pada postingan saya sebelumnya. Nguakak poll karena memang perlu diluruskan kejalan yang benar. Berikut reply-nya: 1. Belum terbiasa dengan Linux - kalah sama anak kecil... 2. Dukungan perangkat keras dan vendor-vendor kurang baik - males nyari 3. Instalasi Linux susah - gak pernah belajar 4. Struktur directory dan hak akses yang membingungkan - kebanyakan makan sate kambing 5. Proses instalasi aplikasi yang tidak mudah - ketauan gak punya internet (okok) 6. Update yang terlalu besar - ketauan miskin bandwith 7. Susah baca printer dijaringan berkabel (okok) - gak pernah nyoba sih 8. Bahasanya sedikit berbeda dengan bahasa inggris yang biasa digunakan (okok) - kayaknya musti dikasih turbolinux biar paham 9. Susah mencari distro linux (okok) - ketauan kebanyakan fb an sama donlod crack2an... atau mungkin donlod pilem be ep 10. Terlalu banyak berbasis text - yang dipelajari linux jaman ja